Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk hni-hpai (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)

Rahmi, Rika (2019) Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk hni-hpai (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan harga yang melambung tinggi sehingga keputusan pembelian menurun dan promosi yang dilakukan perusahaan HNI-HPAI masih kurang sehingga masih banyak Mahasiswa yang tidak mengetahui produk HNI-HPAI. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk HNI-HPAI Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk HNI-HPAI Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini berkaitan dengan pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai harga, kualitas produk dan promosi dan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam keputusan pembelian. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 69 responden yang diambil dari konsumen produk HNI-HPAI yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan dengan menggunakan rumus jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian di analisis dengan menggunakan alat Bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga diperoleh thitung > ttabel (4,679 > 1,668). Maka memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial kualitas produk diperoleh thitung < ttabel (1,513 < 1,668). Maka tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel promosi diperoleh thitung > ttabel (4,126 > 1,668). Maka memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan harga, kualitas produk dan promosi diperoleh Fhitung > Ftabel (48,160 > 2,75). DenganAdjusted R Square sebesar 0,675, pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan sebesar 67,5%. Sedangkan sisanya sebesar 32,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Nurul Izzah, S.E., M.Si
Keywords: Harga; Kualitas produk; Promosi; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:02
Last Modified: 15 Oct 2020 03:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item View Item