Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi

Juwanda, Dwika Putri (2019) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Perguruan tinggi memiliki persaingan yang sangat kompetitif dalam dunia jasa pendidikan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Padangsidimpuan merupakan fakultas termuda yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Meskipun FEBI fakultas termuda, namun jumlah mahasiswa FEBI meningkat cukup besar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran (price, place, promotion, physical evidence) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (price, place, promotion, physical evidence) secara parsial dan simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam memperluas wawasan dan menambah pengetahuan bagi peneliti sendiri, pihak FEBI IAIN Padangsidimpuan dan penelitian selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan memilih, harga, lokasi, promosi dan bukti fisik. Penelitian adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh harga terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (2,631 > 1,662). Tidak ada pengaruh lokasi terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan dengan nilai thitung < ttabel (0,678 < 1,662). Ada pengaruh promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (1,950 > 1,662). Ada pengaruh bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (2,111 > 1,662). Ada pengaruh harga, lokasi, promosi dan bukti fisik secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi di FEBI IAIN Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,023 > 2,01).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Bauran pemasaran; Bukti fisik; Harga; Keputusan memilih; Lokasi; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:46
Last Modified: 15 Oct 2020 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5711

Actions (login required)

View Item View Item