Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap penjualan madu royal jelly (studi kasus PT. Shadnet Work Padangsidimpuan)

Siregar, Efrina Riski (2019) Pengaruh biaya promosi terhadap penjualan madu royal jelly (studi kasus PT. Shadnet Work Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong perkembangan bisnis yang semakin pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya produk-produk madu baru yang muncul di Indonesia. Adanya impor produk madu di Indonesia juga merupakan salah satu bentuk perkembangan bisnis madu di Indonesia sehingga menuntut perusahaan untuk melakukan persaingan yang sangat ketat. PT. Shadnet Work Padangsidimpuan harus mengalokasikan anggaran promosi kedalam biaya promosi se-efisien mungkin untuk mencapai tingkat penjualan maksimal.Sehingga semakin banyak promosi dilakukan maka semakin banyak juga biaya promosi yang harus dikeluarkan. Tentunya PT. Shadnet Work Padangsidimpuan berharap semakin besar biaya promosi yang dikeluarkan maka akan semakin besar juga transaksi terealisasi.Di dalam teori terdapat biaya promosi mengatakan semakin tinggi biaya promosi semakin tinggi pendapatan penjualan di dalam PT. Shadnet Work Padangsidimpuan terdapat pada tahun 2015biaya promosi terdapat penjualan menurun. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh biaya promosi terhadap penjualan madu royal jelly di PT. Shadnet Work Padangsidimpuan. Pada tahun 2013 – 2017. Penelitihan ini bersifat kuantitatif sampel penelitian adalah penelitian populasi, teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sumber data dari laporan penjualan dan laporan biaya promosi pada tahun 2013 – 2017 PT. Shadnet Work Padangsidimpuan. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 23 dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi, uji hipotesis uji T. Dari hasil analisis deskriptif variabel biaya promosi (N) adalah 20, minimum 108000, maximum 870000, mean 446440,00, standar deviasi 249060,505. untuk variable penjualan (N) 20, minimum 7508000, maximum 50300000 , mean 25532250,00 deviasi adalah sebesar 12822023,101.konstanta5422201,479 artinya jika biaya promosi di asumsikan nilainya 0 maka perubahan penjualan sebesar 5422201,479.Koefisien regresi biaya promosi adalah 45,045 artinya jika variabel biaya promosi meningkat 1 satuan maka penjualan meningkat 45,045determinasi sebesar 0,766 atau 76,6 %. Hal ini menjelaskan bahwa varibel biaya promosi (X) memberikan pengaruh sebesar 76,6 % terhadap penjualan (Y), sedangkan sisanya 23,4 % secara parsial (uji T ) menyatakan bahwa nilai thitung > ttabel (7,667 > 1,734) jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengujian parsial koefisien biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap penjualan madu royal jelly pada PT Shadnet Work Padangsidimpuan. Dengan signifikansi 0,000 < α (0,0868) diwujudkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ikhwanuddin Harahap dan Damri Batubara
Keywords: Penjualan; biaya promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:31
Last Modified: 14 Oct 2020 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item