Candra, Dedet (2019) Analisis penetapan harga jual produk terhadap volume penjualan dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus Salim Bakery Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penjualan yang dilakukan perusahaan ditentukan oleh permintaan konsumen dan salah satu hal yang mempengaruhi permintaan konsumen dalam suatu produk adalah harga jual produk yang bersangkutan. Selama ini karena adanya penetapan harga penjualan sebelum dikalkulasikan dengan sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan, maka hasil produksi perusahaan tersebut akan diserahkan pada bagian pemasaran untuk menetapkan harga jual produk. Salim Bakery merupakan salah satu perusahaan industri makanan rumahan yang memiliki strategi dan metode untuk meningkatkan volume penjualan dalam setiap periode produksi bahkan peningkatan tersebut bisa dilihat dari laporan penjualan perbulannya. Hal inilah yang mendasari peneliti melakukan peninjauan dan analisis dalam strategi penetapan harga jual produk yang berdampak pada tingkat volume penjualan dalam perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penetapan harga jual produk pada Salim Bakery Padangsidimpuan dan bagaimana tingkat volume penjualan yang di hasilkan dalam perspektif ekonomi islam. Pembahasan penelitian ini juga menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penentu dalam penetapan harga jual produk yang berkaitan dengan strategi yang digunakan dalam penetapan harga jual produk dan volume penjualan yang mengalami peningkatan yang sangat signifikan setiap tahunnya dan sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrument atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi pada perusahaan terkait. Dari hasil penelitian tentang analisis penetapann harga jual produk pada Salim Bakery Padangsidimpuan telah diterapkan strategi-strategi dalam penetapan harga jual produk melalui faktor-faktor penentu harga seperti biaya produksi, biaya pemasaran dan lain-lain yang dimanajemen secara baik. Dan penerapan secara baik tersebut berdampak baik pula pada volume penjualan dalam perspektif ekonomi islam yang dapat dilihat dari peningkatannya yang sangat signifikan, bahkan peningkatan tersebut dapat dilihat dari laporan penjualan tiap bulannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ikhwanuddin Harahap dan Ali Hardana |
Keywords: | Volume penjualan dalam perspektif Islam; penetapan harga |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 04:19 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 04:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5680 |
Actions (login required)
View Item |