Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola pembelajaran di Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran

Marpaung, Fitri Azwani (2012) Pola pembelajaran di Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pola Pembelajaran di Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran”. Hal ini ditulis dengan hasil penelitian yang dilatar berlakangi dengan penelusuran pendahuluan yang menunjukkan adanya suatu keberhasilan Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran dalam melahirkan tenaga da’i dan da’iyah yang dapat dikelompokkan dalam kategori ulama. Sejalan dengan itu yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah tentang proses pembelajaran, metoe pembelajaran, materi pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat yang berlangsung pada Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Adapun sebagai informan adalah pimpinan, guru-guru dan santri Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran. Untuk menghimpun data yang dibutuhkan digunakan tekhnik observasi dan wawancara secara langsung. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan langkah-langkah editing data, reduksi data, interpretasi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pengumpulan, pengelolahan dan analisa data diketahui bahwa dalam proses pembelajaran Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran menggunakan sistem klasik dan klasikal. Pembelajaran klasikal dilakukan dengan menggunakan kurikulum SKB 3 Mentri dan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan lain-lain seperti halnya pembelajaran pada madrasah. Selanjutnya pembelajaran klasik adalah menggunakan kitab-kitab kuning (kitab-kitab Islam Klasik) dengan metode halaqah dan weton. Selain kegiatan-kegiatan pembelajaran tersebut, para santri juga disibukkan dengan kegiatan-kegiatan berupa ibadah shalat fardhu berjama’ah, shalat-shalat sunnat, tilawatil Qur’an (tasikh dan tahsin), ceramah keagamaan dan lain-lain yang menunjang keterampilan kegamaan. Selanjutnya untuk santri-santri yang telah senior mulai dari kelas II Aliyah ditugaskan untuk menjadi imam shalat fardhu, khutbah jum’at dan memberikan ceramah-ceramah agama pada masjid-masjid di sekitar Kota Kisaran. Dengan hal tersebut, setelah menyelesaikan studinya pada Pondok Pesantren Bina Ulama Kirasan, para santri banyak yang menjadi da’i da’iyah di Kisaran, bahkan tidak sedikit turut menjadi anggota Majlis Ulama Indonesia tingkat Kecamatan lingkungan kabupaten Asahan dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Erawadi,M.Ag dan Drs.Agus Salim Lubis,M.Ag
Keywords: Pola pembelajaran, Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Oct 2020 08:39
Last Modified: 17 Oct 2020 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item