Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kerjasama orang tua dan guru dalam pembinaan prestasi belajar siswa di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun

Hasibuan, Rosliana (2012) Kerjasama orang tua dan guru dalam pembinaan prestasi belajar siswa di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Pembinaan Prestasi Belajar Siswa di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun” Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aspek-aspek kerjasama orang tua dan guru di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun, bagaimana bentuk/cara-cara kerjasama orang tua dan guru di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun, apa faktor-faktor pendukung/pendorong dan penghambat terbentuknya kerjasama orang tua dan guru dalam pembinaan prestasi belajar siswa di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun, dan bagaimana signifikansi dan relevansi kerjasama orang tua dan guru terhadap prestasi belajar kelas VIII di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan pokok penelitian ini adalah: untuk mengetahui aspek-aspek kerjasama orang tua dan guru di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun, untuk mengetahui bentuk/cara kerjasama orang tua dan guru di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung/pendorong dan penghambat terbentuknya kerjasama orang tua dan guru dalam pembinaan prestasi belajar siswa di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun, dan untuk mengetahui signifikansi dan relevansi kerjasama orang tua dan guru terhadap prestasi belajar kelas VIII di M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar M.Ts. Muhammadiyah 7 Desa Hasahatan Julu Kecamatan Barumun. Sumber data berasal dari: Orang tua siswa, guru-guru, siswa, pengawas sekolah dan PCM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif dengan metode taksonomi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa: kerjasama orang tua dan guru mempunyai aspek-aspek yaitu adanya kerjasama antara orang tua, guru atau sekolah dan masyarakat terhadap pendidikan anak. Hal ini dapat dilihat dalam wawancara dan observasi penulis, di mana ada pembinaan dan tanggung jawab pendidikan orang tua, pembinaan dan tanggung jawab pendidikan guru atau sekolah, pembinaan dan tanggung jawab pendidikan masyarakat serta pengaruh timbal balik antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, kerjasama orang tua dan guru mempunyai bentuk atau model yang meliputi saling memberikan informasi, saling kunjung mengunjungi, dan saling memberikan arahan x kepada siswa, faktor-faktor pendukung/pendorong dan penghambat terbentuknya kerjasama orang tua dan guru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat, faktor pendorong kerjasama orang tua dan guru meliputi: tempat yang berdekatan, sesama warga Muhammadiyah, solidaritas sosial masyarakat pedesaan (dalihan na tolu). Sedangkan faktor penghambat kerjasama orang tua dan guru meliputi: kesibukan orang tua dalam mencari nafkah, faktor kemiskinan, latar belakang pendidikan orang tua rendah, kurangnya pengetahuan tentang pendidikan orang tua, lingkungan yang kurang mendukung. Dan dalam kehidupan siswa sangatlah penting kerjasama antara orang tua dan guru karena kerjasama antara orang tua dan guru sangat diperlukan supaya sesuai terhadap perkembangan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Ikhwansya Tampubolon,M.Ag dan Drs.Lazuardi,M.Ag
Keywords: Pembinaan prestasi belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Oct 2020 08:56
Last Modified: 17 Oct 2020 08:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item