Ainun, Nur (2012) Hubungan penguasaan bilangan bulat dengan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri Perumnas Pijorkoling. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu siswa/i kurang memahami pecahan biasa, pecahan campuran, dan pecahan desimal serta kurang mampu merubah pecahan kebentuk pecahan lainnya dengan benar, kurang memahami penguasaan bilangan bulat dan operasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan untuk mengetahui sejauhmana hubungan penguasaan bilangan bulat dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dikelas V SD Negeri Perumnas Pijorkoling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat hubungan diantara kedua variabel tersebut di atas dengan menentukan mean dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh terhadap populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Perumnas Pijorkoling tahun 2011/2012 yang berjumlah 66 siswa, cara pengambilan sampel digunakan teknik populasi sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes penguasaan bilangan bulat dan tes pada hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian di analisa dengan menggunakan rumus korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t untuk melihat sejauh mana hubungan kedua variabel tersebut. Penjaringan data yang dilakukan dengan tes dan tes tersebut guna mendapatkan data mengenai penguasaan bilangan bulat dengan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri Perumnas Pijorkoling. Perhitungan terhadap kedua variabel diperoleh nilai rata-rata variabel X (penguasaan bilangan bulat) yaitu 10,79 termasuk kategori sedangkan variabel Y (hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan) yaitu 11,32. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa r hitung sebesar 0,672 kemudian thitung sebesar 7,259 dan ttabel sebesar 1,9986 ternyata thitung ttabel, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan bilangan bulat dengan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan kelas V SD Negeri Perumnas Pijorkoling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Bilangan bulat; Hasil belajar matematika; Pecahan |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 08:28 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 08:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5650 |
Actions (login required)
View Item |