Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode ceramah dalam pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Fitri, Kholisoh (2019) Penerapan metode ceramah dalam pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Penerapan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan PAdangsidimpuan Tenggara” dalam pelajaran Fiqih banyak masalah yang tidak bisa dijelaskan secara lisan saja akan tetapi butuh praktek yang lebih nyata agar santri tidak salah memahami dari pelajaran yang diajarkan dalam pembelajaran Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metode ceramah dalam pembelajaran Fiqih di Pondok Pesanren Al-Ansor Manunggang Julu. Bagaimana Efektivitas dan Kualitas penerapan metode ceramah dalam pembeljaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Apa kelebihan dan kelemahan penerapan metode ceramah dala pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode ceramah dalam pembelajaran Fiqih dan dampaknya terhadap santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Untuk mengetahui aktivitas dan kualitas penerapan metode ceramah dalam pembeljaaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penerapan metode ceramah dalam pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu dengan memakai metode ceramah, bahan rujukan utama dalam setiap mata pelajaran adalah kitab kuning terutama dalam pembelajaran Fiqih, setiap santri dituntut untuk mampu dan sanggup serta bisa mengaplikasikan isi yang diajarkan dalam kitab Fiqih tersebut baik secara teori maupun praktek. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, metode yang berusaha menggambarkan atau mendeskrifsikan objek sesuai apa adanya dan penelitian deskriftif ini pada umumnya dilakukan untuk menggambarkan secara sistematis fakta objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Instrumen pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Fiqih dan santri Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah dalam pembelajaran Fiqih harus didukung dengan metode Tanya jawab dan prktek agar hasil pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Samsuddin dan Abdul Sattar Daulay
Keywords: Metode ceramah; fikih; pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2020 04:16
Last Modified: 13 Oct 2020 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5633

Actions (login required)

View Item View Item