Lubis, Nurhamida (2012) Manajemen pendidikan islam pada Panti Asuhan Maimun Hutatonga Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 310 0176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Manajemen Pendidikan Islam pada Panti Asuhan Maimun Hutatonga Kecamatan Batang Angkola”, yaitu suatu pembahasan tentang pelaksanaan manajemen pendidikan Islam pada Panti Asuhan Maimun Hutatonga Kecamatan Batang Angkola. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan Islam pada Panti Asuhan Maimun Hutatonga Kecamatan Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana fenomena yang terjadi dilapangan. Sumber data yang di peroleh terdiri dari data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara. Teknik menjamin keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan penelitian, ketekunan pengamatan. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif. Untuk mempermudah dalam mencari persentase analisa data digunakan rumus distribusi frekuensi relatif. Dari penelitian dan pembahasan yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan manajemen pendidikan Islam pada Panti Asuhan Maimun Hutatonga Kecamatan Batang Angkola terdiri dari empat aspek yaitu perencanaan, Pengorganisasian, pelaksanaan, pengevaluasian. Aspek Perencanaan di Panti Asuhan boleh dikatakan belum terlaksana dengan baik, karena anak Panti Asuhan masih jarang mengikuti program pembinaan dan sering mengabaikan tata tertib Panti Asuhan Maimun. Aspek Pengorganisasian di Panti Asuhan belum tersusun secara sistematis Para pegawai di Panti Asuhan belum menjalankan tugasnya dengan baik, ada yang absen, tidak tepat waktu dalam mengajar, mengajar tidak sesuai dengan kurikulum. Aspek Pelaksanaan kegiatan di Panti Asuhan belum berjalan dengan baik, guru Panti Asuhan masih sering absen pada saat jam belajar dan anak Panti Asuhan belum sepenuhnya mengamalkan apa yang disampaikan guru. Aspek Pengevaluasian di Panti Asuhan belum berjalan dengan baik, karena pada akhir pelaksanaan kegiatan Panti Asuhan, evaluasi tidak begitu diindahkan hanya tinggal mengetahui teknikteknik evaluasi saja tapi tidak dilaksanakan dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H.Ali Anas Nasution,M.A dan Drs.Lazuardi,M.Ag |
Keywords: | Manajemen pendidikan islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 04:28 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 04:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5629 |
Actions (login required)
View Item |