Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan wali kelas dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina

Rosanni, Rosanni (2012) Peranan wali kelas dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Wali Kelas Dalam Memotivasi Pencapaian Prestasi Belajar Siswa Di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina”. Sehingga muncul permasalahan bagaimana motivasi guru/wali kelas terhadap siswa di MTsN kase Rao-rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina, bagaimana peranan wali kelas dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina, apa kendala yang dihadapi guru/wali kelas dalam meningkatkan motivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina, apa solusi guru/wali kelas dalam mengatasi kendala-kendala dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina. Berdasarkan penelitian di atas maka tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi guru/wali kelas terhadap siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina, untuk mengetahui bagaimana peranan wali kelas dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina, untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi guru/wali kelas dalam meningkatkan motivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina, untuk mengetahui apa solusi guru/wali kelas dalam mengatasi kendalakendala dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Madina. Pengolahan dan analisis data digunakan secara kualitatif, dalam hal ini seluruh data yang berbentuk uraian /paparan diatur secara kualitatif. Dengan demikian sebelum dilaksanakan pengolahan lebih lanjut, seluruh data yang telah terkumpul diklasifikasikan berdasarkan jenisnya yaitu memilih data secara kualitatif, setelah data terkumpul maka dilaksanakan pengolahan dan analisis data dengan teknik antara lain editing data, klasifikasi data dan reduksi data. Hasil yang ditemukan bahwa motivasi wali kelas di MTsN Kase Rao-rao belum optimal dan ada beberapa kendala yang dialami oleh wali kelas maupun guru-guru yang lain dalam memotivasi pencapaian prestasi belajar siswa seperti sifat siswa yang tidak mau atau sulit diatur. Kurangnya pengawasan dari orang tua, sarana dan prasarana yang tidak memadai sehingga tidak memaksimalkan proses pembelajaran. Kemudian upaya atau solusi yang diambil adalah terus menerus menasehati dan membimbing siswa untuk terus rajin belajar dan tidak bermain-main ketika belajar, menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa untuk sama-sama mengontrol dan mengawasinya dan memaksimalkan pembelajaran sehingga benar-benar bisa dicapai secara optimal sesuai dengan standar kelulusan yang telah ditetapkan, upaya lain yang dilakukan dalam menanggulangi sarana prasarana yang tidak memadai adalah dengan menambah jam pelajaran berupa ekstra kurikuler yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asmadawati dan Rosimah Lubis
Keywords: wali kelas; pencapaian prestasi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:56
Last Modified: 13 Oct 2020 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item