Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola

Dewi, Marlina (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola. Siswa kesulitan menyelesaikan soalsoal matematika khususnya pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menanggapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X dengan jumlah 248 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas X2 dengan jumlah siswa 35 orang (kelas eksperimen) dan X1 dengan jumlah siswa 35 orang (kelas kontrol). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu pre tes (sebelum diberi perlakuan) dan post test (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus Chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 4,375 > ttabel = 1,997 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan kata lain hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat melalui model pembelajaran partisipatif lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran biasa (tanpa pembelaajaran partisipatif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh yang Signifikan Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhimma dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: model pembelajaran partisipatif; bahasan persamaan kuadrat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:44
Last Modified: 13 Oct 2020 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item