Siregar, Elvi Suryani (2012) Studi komparasi prestasi belajar matematika siswa alumni SMPN dengan alumni MTsN di SMA Negeri 1 Barumun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah adanya asumsi orang yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa bidang studi matematika adalah sama prestasinya, baik alumni SMP maupun alumni Tsanawiyah. Seharusnya siswa yang berasal dari SMPN lebih tinggi prestasinya di bidang matematika dibandingkan dengan siswa yang berasal dari MTsN. Karena siswa yang berasal dari SMPN lebih banyak mempelajari pelajaran matematika. Hal ini dapat di lihat dari jam pelajaran matematika di SMPN 5x45 menit perminggu. Sedangkan jam pelajaran matematika di MTsN 4x45 menit perminggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa alumni SMPN di SMA Negeri 1 Barumun, mengetahui prestasi belajar siswa alumni MTsN di SMA Negeri 1 Barumun, dan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa alumni SMPN dengan MTsN di SMA Negeri 1 Barumun. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif lapangan berbentuk komparasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa alumni SMPN dan alumni MTsN kelas II di SMA Negeri 1 Barumun yang terdiri dari 85 orang siswa alumni SMPN dan 85 orang alumni MTsN. Maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi nilai rapor siswa. Sedangkan untuk pengelola dan menganalisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji Tes “t” Dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa to baik taraf 5% atau 1% bahwa hipotesis penelitian ini: tidak terdapat perbedaaan prestasi belajar siswa yang signifikan dalam bidang studi matematika alumni SMPN dengan alumni MTsN di SMA Negeri 1 Barumun. Hal ini berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai to yang diperoleh sebesar -0,1389, sedangkan tt =1,97 dan 2,60 maka to adalah lebih kecil dari pada tt, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian hipotesis nihil yang menyatakan tidak terbukti perbedaan prestasi belajar siswa bidang studi matematika alumni SMPN dengan Alumni MTsN di SMA Negeri 1 Barumun. Dengan demikian to jauh lebih kecil dari pada tt yaitu: 1,97>-0,1389<2,60.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Lelya Hilda dan Almira Amir |
Keywords: | komparasi prestasi; alumni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 02:31 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 02:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5600 |
Actions (login required)
View Item |