Pane, Khairani (2017) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakakang masalah dalam penelitian ini adalah masih dijumpai akhlak siswa yang kurang baik di SMP Negeri 1 Angkola Barat kabupaten Tapanuli Selatan, siswa tidak peduli akan akhlaknya, akhlaknya sudah dibelakangkan bahkan pelajaran pendidikan Agama Islam itu hanya sebatas dipelajari tanpa ada pelaksanaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Angkola Barat kabupaten Tapanuli Selatan, apa saja kendala guru dalam Pembinaan akhlak di SMP Negeri 1 Angkola Barat, tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak dan mengetahui kendala yang dihadapi. Kegunaan penelitian ini sebagai bahan sumbangan pemikiran implementasi pendidikan Agama Islam, sebagai bahan masukan untuk guru sebagai pengembangan wawasan bagi penulis. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah teori- teori yang berkaitan dengan pendidikan Agama Islam (aspek-aspek atau bagian- bagian dari ilmu tertentu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara, pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negreri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan ada beberapa implementasi yang dilakukan guru di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas yaitu melalui materi, melalui strategi, metode, media pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran. Di luar kelas yaitu memberikan contoh dan teladan yang baik, melalui ceramah-ceramah, melalui nasehat, melalui cerita-cerita Rasulullah dan mengajak siswa agar selalu mengerjakan ibadah. Dan Kendala yang dihadapi guru yaitu masih kurangnya keteladan siswa, kendala dalam menerapkan metode dan utamanya tentang kurangnya fasilitas sarana dan prasarana ibadah yang mendukung, kuranganya dukungan Orangtua, kurangnya kesadaran dan minat siswa, lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan pengaruh perkembangan IPTEK yang semakin canggih serta pembinaan akhlak hanya dari guru tidak ada kemauan dari siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 02:27 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 02:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5599 |
Actions (login required)
View Item |