Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Evaluasi terhadap pelaksanaan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih di Pondok Pesantren At-Thohiriyah Aek Bonban Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Wirnayanti (2017) Evaluasi terhadap pelaksanaan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih di Pondok Pesantren At-Thohiriyah Aek Bonban Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Fikih peserta didik. Masalah ini terjadi karena guru lebih dominan memakai metode yang kurang sesuai dengan materi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pelaksanaan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di Pondok Pesantren At-Thohiriyah Aek Bonban Kabupaten Padang Lawas Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode latihan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik pada materi zakat di pondok pesantren At-Thohiriyah Aek Bonban kabupaten padang lawas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action research) yaitu dilakukan didalam kelas pada waktu berlangsungnya suatu kegiatan pembelajaran untuk suatu pokok bahasan tertentu pada satu mata pelajaran . penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesanteren At-Thohiriyah Aek Bonban Kabupaten padang lawas. Berdasarkan data hasil penelitian, peningkatan keterampilan dan pemahaman peserta didik pada siklus 1 adalah pemahaman tantang pembagian zakat pada pertemuan I jumlah peserta didik yang paham adalah sebanyak 4 orang dengan persentase 20% dan pertemuan ke II jumlah peserta didik yang paham adalah sebanyak 7 orang dengan persentase 40% dan pada siklus pertama ini terjadi peningkatan sebesar 20%. Sedangkan pada siklus II pada pertemuan pertama peserta didik yang paham pembagian nisab zakat adalah sebanyak 12 orang dengan persentase 60%. Sedangkan pada pertemuan kedua jumlah peserta didik yang paham adalah sebanyak 18 orang dengan persentase 90%. Pada siklus ke II ini terjadi peningkatan sebesar 30%. Dengan demikian hasil akhir dari siklus yang meningkat menjadi 90% peserta didik telah memiliki keterampilan sekaligus telah memahami materi tentang zakat dengan baik dan benar jadi hasil ini dapat dikatakan telah memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Asfiati, M.Pd dan Dra. Replita, M.Si
Keywords: Metode latihan; Hasil belajar; Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:35
Last Modified: 12 Oct 2020 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item