Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penyelesaian sengketa konsumen atas pembelian barang daluarsa ditinjau dari Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

Holid, Idam (2017) Penyelesaian sengketa konsumen atas pembelian barang daluarsa ditinjau dari Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 240 0055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perlindungan konsumen adalah bagian dari hukum yang memuat asas-asas atau kaidah-kaidah yang bersifat mengatur dan juga mengandung sifat yang melindungi kepentingan konsumen. Perlindungan konsumen dalam Islam sudah dimulai sejak Nabi Muhammad SAW belum diangkat menjadi Rasul. Bisnis yang adil dan jujur menurut Al-Qur’an adalah bisnis yang tidak menzalimi dan tidak pula dizalimi. Pembahasan dalam skripsi ini ialah ketentuan hukum perlindungan konsumen atas barang daluarsa dan pertanggungjawaban pelaku usaha atas penyelesaian sengketa barang daluarsa berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif disebut juga sebagai penelitian doktrinal (doctrinal research) yaitu suatu penelitian yang menganalisis hukum baik yang tertulis didalam buku maupun hukum yang diputuskan oleh hakim melalui proses pengadilan. Penelitian hukum normatif dalam penelitian ini didasarkan data sekunder dan menekankan pada langkah-langkah spekulatif-teoritis dan analisis normatif-kualitatif. Ketentuan hukum perlindungan konsumen berdasarkan Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 1999 menyebutkan bahwa konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan jasa. Konsumen juga berhak mendapatkan advokasi dan perlindungan dalam upaya penyelesaaian sengketa serta berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Dalam rangka menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha, pemerintah berdasarkan Pasal 49 Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Johan Alamsyah, SH dan Putra Halomoan Hsb, M.H
Keywords: Barang Daluarsa; Penyelesaian Sengketa; Tanggung Jawab Pelaku Usaha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:47
Last Modified: 12 Oct 2020 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item