Hasibuan, Siti Romsani (2017) Penerapan discovery learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII (tujuh) di Pondok Pesantren An-Nidhom Bulu Dua Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode discovery learning masih jarang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan metode ceramah, dikarenakan keterbatasan fasilitas dan kekurangmampuan guru dalam menggunakan strategi yang berorientasi kepada perkembangan keterampilan intelektual. Hal ini menyebabkan guru berupaya menciptakan pembelajaran siswa aktif, antusias, dan termotivasi dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan discovery learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII (Tujuh) di Pondok Pesantren An-Nidhom Bulu Dua Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan discovery learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII (Tujuh) di Pondok Pesantren An-Nidhom Bulu Dua Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Nidhom Bulu Dua Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas, mulai 22 Nopember 2016 sampai 02 Maret 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu dilakukan di dalam kelas pada waktu berlangsungnya suatu kegiatan pembelajaran untuk suatu pokok bahasan tertentu pada suatu mata pelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII (Tujuh) berjumlah 20 orang siswa. Instrumen pengumpulan data penetlitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII (Tujuh) di Pondok Pesantren An-Nidhom Bulu Dua Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan langkah-langkah metode discovery learning yang telah diterapkan. Siswa benar-benar bisa penerima pelajaran dari penjelasan guru, siswa bisa mencari, menemukan, memecahkan sendiri masalah yang dihadapi kemudian dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Asfiati, M.Pd dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Discovery learning; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 03:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 03:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5579 |
Actions (login required)
View Item |