Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan

Sipahutar, Erlina (2019) Penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan yang berbasis karakter dan konten yang dilakukan baik pada anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, sehingga peneliti merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan judul penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan kurikulum 2013 dan kendala yang dihadapi oleh Guru dan Murid dalam menerapkan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Berdasarkan analisis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Berdasarkan metodenya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni penelitian yang menggambarkan objek sesuai apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa Penerapan Kurikulum 2013 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan dalam proses belajar mengajar masih monoton menggunakan metode ceramah dan kadang- kadang menggunakan metode diskusi, demonstrasi, tanya jawab dan metode lain yang ada dalam kurikulum 2013. Selain itu masih sering menggunakan papan tulis, spidol dan sangat jarang menggunakan infokus, foster/gambar. Kemudian terkait dengan masalah pemahaman guru tentang kurikulum 2013 masih meraba-raba karena kurangnya sosialisasi tentang kurikulum 2013 sehingga berdampak kepada siswa, dimana siswa hanya sebagian saja yang mampu mengikuti pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Selain itu dalam keseharian siswa masih hidup dengan akhlak yang jauh dari keislamian artinya masih mencerminkan akhlak tercela. Berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hasil dari penerapan kurikulum 2013 masih jauh dari harapan kita. Hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam; Kelas X
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Apr 2020 10:14
Last Modified: 05 Jun 2020 07:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item