Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Komunikasi dakwah dalam Al-Qur’an (studi tentang ayat-ayat Amtsal)

Siboro, Najaruddin (2011) Komunikasi dakwah dalam Al-Qur’an (studi tentang ayat-ayat Amtsal). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 110 134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah komunkasi dakwah dalam Amtsal Al-Qur’. Bagaimana Bentuk-bentuk Komunikasi Dakwah dalam ayat Amtsal. Apa urgensi dan relevansi amtsal Al-Qur’an terhadap komunikasi dakwah. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui komunikasi dakwah dalam Amtsal Al-Qur’an, mengetahui Bentuk-bentuk Komunikasi Dakwah, mengetahui urgensi dan relevansi amtsal terhadap komunikasi dakwah. Metode Penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Instrumen Pengumpulan Data penelitian ini dilakukan dengan Observasi, Studi Pustaka. Penelitian ini menghasilkan temuan yakni: mengetahui komunkasi dakwah dalam Amtsal Al-Qur’an, Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia khususnya umat Islam, disamping berisi peraturan hidup juga mengandung berbagai macam gaya bahasa, untuk memanggil menyeru umat manusia, yaitu dengan amtsal (perumpamaan-perumpamaan), gaya bahasa tersebut mendominasi diantara gaya bahasa yang lain dan sekaligus dapat digunakan sebagai bahasa komunikasi dakwah yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah, Bentuk komunikasi dakwah dalam amtsal ada dua macam yaitu verbal dan nonverbal,verbal yaitu dengan menggunakan perumpamaan/permisalan, nonverbal yaitu dengan menggunkan simbol(lambang-lambang). Urgensi dan relevansi bahwa turunnya al-Qur’an adalah secara berangsurangsur selama 23 tahun sehingga mengakibatkan munculnya konsep asbabun nuzul, nasakh mansukh, disamping itu juga bahwa kedudukan atau relevansi dan kondisi situasional sekarang ini tentu sangat tepat jika menggunakan metode amtsal Untuk relevannya komunikasi yang efektif pada saat sekarang ini sebenarnya harus mengedepankan komunikasi yang efektif yaitu sesuai dengan metode amtsal AlQur’an yaitu menonjolkan sesuatu yang ma’qul (yang terjangkau akal) dalam bentuk konkrit yang dapat dirasakan oleh indra manusia, sehingga mudah dipahami dan diterima. Menarik perhatiaan pembaca atau pandangan, sehingga lebih berkesan dalam hati, Mendorong orang yang diberi matsal itu berbuat sesuai dengan matsal atau menjauhkan orang dari berbuat matsal tersebut Untuk mempengaruhi jiwa seseorang mengikuti tujuan di kemukakannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Anas Nasution dan Mohd. Rafiq
Keywords: Komuniksi; dakwah; Al-Qur'an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:50
Last Modified: 07 Oct 2020 04:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item