Nisa, Darlina Hoirun (2017) Peranan pembelajaran akidah akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa di MAS Subulussalam Sayur Maincat Kota Nopan Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah peranan pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa di MAS Subulussalam Sayur Maincat Kota Nopan Mandailing Natal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peran pembelajaran akidah akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa di MAS Subulussalam Kecamatan Kota Nopan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembinaan Siswa. Kegunaan dari penelitian ini Sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan (S.Pd.) di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pengetahuan pembelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran Akidah Akhlak sesuai dengan yang dikemukakan tokoh pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis data model Miles dam Huberman. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dan wawancara. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: peran pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa di MAS Subulussalam yaitu: Pertama, memebelajarkan siswa tentang menghayati kewajiban menghindari dosa besar melalui kurikulum yang telah ditetapkan oleh sekolah dan pemerintah. Pembelajaran Akidah Akhlak dapat membantu guru dalam membangun kompetensi siswa agar siswa menghayati kewajiban menghindari dosa besar. Dalam pembelajaran guru menjelaskan dan memeberi contoh perilaku dosa besar yang salah satunya adalah perilaku tercela, syirik, mabuk-mabuk, mengkomsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas, menuri. Kedua, membelajarkan siswa dalam menghayati akhlak (adab) yang baik yaitu, menghayati akhlak yang baik dalam berpakaian, menghayati akhlak yang baik dalam berhias, menghayati akhlak yang baik dalam bertamu dan menerima tamu, menghayati akhlak yang baik dalam bertamu dan menerima tamu, menghayati akhlak yang baik dalam berkomunikasi. Ketiga, membelajarkan siswa dalam menghayati keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uways Al-Qarni berupa penghayatan tentang keutamaan sifat Fatimah Az-Zahra yang memiliki kepribadian yang sabar, penyayang, dan menjaga muru’ahnya (tidak pernah melihat atau dilihat lelaki yang bukan mahromnya). Terkait dengan sifat Uways Al-Qurni berupa penghayatan terhadap nilai kebaktian kepada ibunya, membantu orang lain melalui do’anya, dan penyabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar, MA dan dan Mhd. Mahmud Nasution, Lc., M.A. |
Keywords: | Akidah Akhlak; Kepribadian Siswa |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 04:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 04:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5510 |
Actions (login required)
View Item |