Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih jual beli emas mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Hasibuan, Masnu Roida (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih jual beli emas mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih jual-beli emas Mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, dengan permasalahan yang ditemukan bahwa jumlah nasabah pada tahun 2011-2014 mengalami penurunan. Dari pengamatan peneliti, apakah ada pengaruh lokasi, promosi, dan harga terhadap minat nasabah memilih jual-beli emas Mulia. Berdasarkan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, promosi, dan harga terhadap minat nasabah memilih jual beli emas Mulia. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori lokasi, promosi, harga dan minat nasabah. Teori tentang pengaruh lokasi, promosi, dan harga terhadap minat nasabah. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 48 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa lokasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat nasabah yang dibuktikan dengan thitung ≤ ttabel yaitu (0,698 < 1,680) dengan tingkat signifikansi 0,489 > 0,05. Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu (2,130 > 1,680) dengan tingkat signifikansi 0,039 < 0,05 dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu (2,772 > 1,680) dengan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05. Sedangkan secara simultan (uji f) lokasi, promosi, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu (10,721 > 2,816) dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05. Uji Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0,383 atau 38,3 persen yang berarti bahwa lokasi, promosi dan harga memiliki pengaruh sebesar 38,3 persen terhadap minat nasabah, sedangkan sisanya sebesar 61,7 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI., M.Si dan Fadli, S.E.I., M.Si
Keywords: Lokasi; Promosi; Harga; Minat Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:30
Last Modified: 25 May 2021 07:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item