Lubis, Masitoh (2017) Pemanfaatan micro teaching dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, peneliti melihatkurangnya kemampuan mahasiswa menerapkan keterampilan dasar mengajar ketika proses pembelajaran berlangsung di lokasi Praktek Pengalaman Lapangan. Kurangnya kemampuan mahasiswa menerapkan keterampilan dasar mengajar dikarenakan kurangnya mental dan tidak adanya rasa percaya diri. Hal terjadi karena kurangnya latihan praktek mengajar yang dilakukan calon guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan micro teaching dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan serta apa saja yang menjadi kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mempraktekkan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran micro teaching di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kualitatif diskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi dalam mengumpulkan data. Adapun subyek penelitian ini mahasiswa aktif yang mengikuti pembelajaran micro teaching Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam InstitutAgama Islam Negeri Padangsidimpuan tahun ajaran 2016/2017 yang ditetapkan sebanyak 16 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa pemanfaatan pembelajaran micro-teaching difokuskan pada aspek-aspek yang berkaitan erat dengan keterampilan mengajar. Pemanfaatan micro teaching dalam meningkatkan keterampilan mengajar calon guru dimulai dengan pengenalan konsep micro teaching, penyajian model dan diskusi, perencanaan pembelajaran, praktek dan umpan balik. Praktek ulang sangat dibutuhkan bagi calon guru agar keterampilan mengajar calon guru semakin berkembang dan dikuasai calon guru. Kendala yang dihadapi calon guru ketika mempraktekkan keterampilan mengajar dalam pembelajaran micro teaching adalah masalah penggunaan bahasa yang baik dan benar, menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran, tidak ada percaya diri, kurangnya persiapan atau latihan ketika praktek mengajar, kurangnya kerja sama, pembagian waktu untuk menyampaikan materi ketika praktek sering kali tidak maksimal. Untuk menghadapi kesulitan dan kendala tersebut, satu-satunya cara harus melewatinya karena seiring dengan bertambah seringnya praktek mengajar maka kendala tersebut dapat teratasi dan dihilangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Micro Teaching; Keterampilan Dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 09:29 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 09:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5479 |
Actions (login required)
View Item |