Nasution, Mara Ganti (2017) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an Surat Ali- Imran Ayat 159. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310.0067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan menggali nilai-nilai pendidikan yang ada di dalam Al-Qur’an bagi kehidupan kaum muslimin, utamanya dikalangan pendidik dan pelajar. Sehingga para orang tua, para pendidik, juga masyarakat menyadari perlunya menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surat Ali-Imran ayat 159. Yang berorentasi pada nilai keimanan, akhlak, sosial dan ibadah (lemah lembut, pemaaf musyawarah, dan tawakkal). Dan menjadi teladan akhlakul karimah kepada anak didik dari kepribadian yang baik. Terutama dengan meneladani akhlak Nabi Muhammad Saw, dan mengamalkan ajaran-ajaran luhur tentang nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakan Penafsiran Mufassir tentang surat Ali-Imran ayat 159 (2) Apakah nilai-nilai yang terkandung pada surat Ali-Imran ayat 159. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan mengaktualisasikannya dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian library research, dengan mengulas ayat Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode tafsir tahlily, yakni dengan mengambil ayat Al-Qur’an yang secara khusus membicarakan nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya menurut para pemikir. Selain itu untuk memperkaya kajian tema dalam skripsi ini, penulis menggunakan buku-buku yang ada relevansinya dengan tema skripsi ini. Kemudian data-data yang terkumpul digabungkan menjadi satu-kesatuan yang utuh. Hasil penelitian ini adalah konsep nilai-nilai yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 159. Adalah nilai lemah lembut (akhlak), pemaaf, dan istigfar (Ibadah) musyawarah, (nilai sosial) dan bertawakkal, menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah (nilai keimanan) aktualisasi nilai-nilai yang ada dalam Al-Qur’an sangatlah penting dalam membentuk pribadi yang berakhlakul karimah, serta terwujudnya insan kamil yang kaffah dalam mengaflikasikan nilai-nilai pendidikan Islam. Para mufassir menyatakan dalam berbagai tafsirnya bahwa Nabi muhammad sebelum menjadi Rasul telah dibekali Allah dengan sifat-sifat yang mulia dan mampu berdakwah dengan penuh hikmah, diantaranya kesabaran nabi yang dapat menarik perhatian orang kafir, kelemah lembutan yang tidak tertandingi manusia biasa sehingga membuat hati kaum kafir Quraisy terpikat untuk memasuki ajaran yang dibawa Nabi. Jika sekiranya Nabi Muhmmad berlaku kasar, mengutamakan amarah niscaya mereka menjauh dan menolak ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Anas Nasution dan Abdul Sattar Nasution |
Keywords: | Pendidikan Islam; Surat Ali Imran Ayat 159 |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:18 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 04:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
View Item |