Siregar, Juni Aprida (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi laba kotor PT. Akbar Indo Makmur Stimec Tbk Periode 2007-2015. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Laba atau keuntungan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Pihak manajemen selalu merencanakan besar perolehan laba setiap periode yang ditentukan melalui target yang harus dicapai. Penentuan target besarnya laba ini penting guna mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi terhadap laba kotor yang menyebabkan laba yang diperoleh perusahaan berubahubah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor secara parsial dan simultan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan baik secara parsial maupun simultan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori akuntansi. Teori laba membahas mengenai analisis laba kotor, dan faktor-faktor yang mempengaruhi laba kotor. Teori penjualan membahas tentang pengertian penjualan dan jenisjenis penjualan. Teori harga pokok penjualan membahas mengenai pengertian harga pokok penjualan, dan proses perhitungan harga pokok penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33, yang diambil dari laporan laba rugi dari tahun 2007-2015 secara triwulan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder, berupa data dokumentasi atau laporan yang telah tersedia, yaitu data laporan keuangan laporan laba rugi triwulan yang dipublikasikan oleh PT. Akbar Indo Makmur Stimec Tbk periode 2007-2015 melalui website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id).Penelitian yang dilakukan berdasarkan runtun waktu (time series). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan perhitungan statistik yang terdiri dari uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel penjualan,Thitung (14,404)>Ttabel (1,69552) sehingga H1diterima.Variabel harga pokok penjualan secara parsial, Thitung (14,115) > Ttabel (1,69552) sehingga H2diterima.Dari hasil uji secara simultan, diperoleh Fhitung(199,231)> Ftabel(3,32) sehingga H3diterima.Artinya bahwa penjualan dan harga pokok penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba kotor.Hasil uji R2 dengan perolehan R sebesar 0,930 dan R 2 sebesar 0,865 atau 86,5% yang artinya bahwa variasi variabel X mampu menjelaskan variabel Y sebesar 86,5%. Sedangkan sisanya sebesar 13,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan, SE., M.Si dan Arti Damisa, M.E.I |
Keywords: | Penjualan; Harga pokok penjualan; Laba kotor |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 03:58 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 04:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5444 |
Actions (login required)
View Item |