Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran snowball throwing tehadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs Negeri Batang Angkola

Nasution, Hasanah (2017) Pengaruh model pembelajaran snowball throwing tehadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs Negeri Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs N Batang Angkola. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih menggunakan pembelajaran konvensional yan membuat siswa pasif dalam belajar dan kurang termotivasi dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Snowball Throwing tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII MTs Negeri Batang Angkola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh suatu perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs N Batang Angkola yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 227 siswa. yang menjadi sampel adalah kelas VII III berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII II berjumlah 42 orang sebagai kelas eksprimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba tes untuk melihat validitas, reabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran tes. Kemudian uji analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dianalisa nilai rata- rata kedua kelas. Hasil posttes menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 81,92 dan kelas kontrol 77,75. Dari rata- rata kedua kelas terlihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka dilakukan uji-t. Setelah dilakukan uji-t dapat diketahui bahwa hasil thitung>ttabel. Hasil ttabel dengan dan taraf signifikansi adalah 1,993 dan thitung sebesar 2,448 hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 2,448 1,993. Dapat di simpulkan bahwa Ada Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing tehadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII MTs Negeri Batang Angkola. Dengan demikian pembelajaran Snowball Throwing sangat bagus diterapkan untuk kelas yang memiliki kondisi yang sama dengan MTsN Batang Angkola

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution dan Replita
Keywords: snowball throwing; himpunan; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:40
Last Modified: 29 Sep 2020 03:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5393

Actions (login required)

View Item View Item