Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan bagian marketing terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Sibuhuan

Nasution, Masroani (2017) Pengaruh pelayanan bagian marketing terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Nasabah yang puas dan setia (loyal) merupakan peluang untuk mendapatkan nasabah baru. Mempertahankan semua nasabah yang ada umumnya akan lebih menguntungkan dibandingkan pergantian nasabah baru karena biaya untuk menarik nasabah baru bisa lebih banyak dari biaya mempertahankan seorang nasabah yang sudah ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh pelayanan bagian marketing terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Sibuhuan”. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh pelayanan bagian marketing terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Sibuhuan”. Pembahasan penelitian berkaitan dengan manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan bagian marketing dan loyalitas nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana. Dengan data diolah menggunakan perhitungan statistik SPSS Versi 22.00. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan angket. Jumlah responden sebanyak 85 orang nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Sibuhuan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linear, uji determinasi (R2), regresi sederhana, dan Uji t. Hasil penelitian dengan uji koefisien Determinasi (R2) adalah 0,017, artinya persentase sumbangan pengaruh variabel pelayanan bagian marketing terhadap loyalitas nasabah adalah sebesar 1,7%. Sedangkan sisanya sebesar 98,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan regresi sederhana yang dilakukan peneliti diketahui LN =33,361 + 0,122 PM, artinya nilai konstanta sebesar 33,361 artinya jika pelayanan bagian marketing diabaikan maka loyalitas nasabah sebesar 0,122, dan jika pelayanan bagian marketing meningkat 1 satuan maka loyalitas nasabah juga akan meningkat sebesar 0,122. Hasil Uji t diketahui thitung sebesar 2,199 dengan ttabel sebesar 1,663 Artinya bahwa thitung>ttabel yaitu 2,199 >1,663. Maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya pelayanan bagian marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Sibuhuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa dan Hamni Fadlilah Nasution
Keywords: pelayanan bagian marketing; loyalitas nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 29 Sep 2020 02:36
Last Modified: 29 Sep 2020 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item