Pulungan, Yusra Mardia (2014) Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar melalui penggunaan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV MIN Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keabstrakan matematika yang menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV MIN Sibuhuan. Keabstrakan ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat sehingga siswa membutuhkan adanya media agar materi pelajaran tampak konkrit bagi siswa. Disamping itu dengan pemanfaatan media ini diharapkan dapat mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan siswa sehari-hari. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media manik-manik dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV MIN Sibuhuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV MIN Sibuhuan yang beralamat di Jalan Bakti Lk. V Sibuhuan. Sebelum tindakan siklus dilaksanakan siswa terlebih dahulu diberikan tes tertulis berupa soal operasi hitung bilangan bulat yang akan digunakan sebagai acuan pelaksanaan siklus. Sebagai proses pengumpulan data dalam penelititian ini maka dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang melalui 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari penelitian dan tindakan yang telah dilaksanakan serta observasi yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan penggunaan media manikmanik dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV MIN Sibuhuan. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari data observasi yaitu siklus I pertemuan I ke siklus I pertemuan II mengalami peningkatan rata-rata indikator yang diamati dari 48,58% menjadi 56,9%. Sedangkan siklus II pertemuan I ke siklus II pertemuan II mengalami peningkatan rata-rata indikator yang diamati dari 74,26% menjadi 84,7%. Peningkatan hasil belajar sesuai dengan data yang telah didapatkan yaitu pada tes awal ke siklus I mengalami peningkatan hasil belajar dari 41,66% menjadi 66,66%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 66,66% menjadi 91,66%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Zulhammi, M.Ag., M.Pd |
Keywords: | Minat dan hasil belajar; Media manik-manik; Operasi hitung bilangan bulat |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 08:35 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 08:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5355 |
Actions (login required)
View Item |