Aini, Syarifah (2015) Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 169 Purba Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat kelas V SD N 169 Purba Julu yang dilihat dari hasil tes, wawancara dan observasi. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa serta upaya yang dilakukan guru umtuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, wawancara dan tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriptif. Selain itu penelitian ini memiliki sumber data primer yaitu siswa kelas V SD Negeri 169 PurbaJulu, dan sumber data sekunder yaitu wali kelas V, kepala sekolah dan beberapa orang guru yang pernah menjadi guru kelas V SD Negeri 169 Purba Julu. Adapun kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep operasi hitung bilangan bulat adalah siswa tidak dapat meletakkan nilai pada garis bilangan, tidak memahami langkah-langkah penyelesaian, tidak dapat mengoperasikan bilangan yang berbeda tanda serta tidak dapat mengoperasikan bilangan yang sama-sama bertanda negatif. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat adalah siswa tidak mampu menentukan unsur-unsur yang diketahui sehingga tidak mengetahui permasalahan yang akan diselesaikan dalam soal, dan tidak mampu membuat model matematika sehingga tidak tahu cara penyelesaiannya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal matematika pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat adalah kurangnya penanaman konsep dari awal, pengunaan metode yang kurang tepat dalam menyampaikan materi, kurangnya media pembelajaran, kurangnya minat dan motivasi dari diri siswa, serta keadaan ekonomi sebagian orang tua yang kurang memadai. Dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat adalah dengan mendisiplinkan siswa, memberikan latihan yang cukup, menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan alat peraga sesuai materi pada setiap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Kesulitan belajar siswa; Operasi hitung bilangan bulat |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 08:31 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 08:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5354 |
Actions (login required)
View Item |