Nasution, Masbulan (2017) Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk mi instan pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah dalam memperhatikan label halal pada kemasan produk pangan pada saat mengambil keputusan pembelian. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk mi instan pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk mi instan pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran dan ekonomi islam. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan konsumsi dalam ekonomi islam sebagai aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 91 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R square). Dengan menggunakan program SPSS Versi 21. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan terbentuknya persamaan; keputusan pembelian = 23,181 + 0,695 Labelisasi Halal + e dapat disimpulkan bahwa labelisasi halal memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pada uji t menyatakan bahwa, labelisasi halal memiliki thitung > ttabel (6,037 >1,986) dan tingkat signifikansi < α (0,000 < α (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya labelisasi halal memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,291 hal ini berarti variasi variabel keputusan pembelian produk mi instan pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan dapat dijelaskan oleh variabel labelisasi halal sebesar 29,1%, dimana sisanya 70,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mudzakkir Khotib Siregar dan Utari Evy Cahyani |
Keywords: | Labelisasi halal; keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 04:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 04:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5345 |
Actions (login required)
View Item |