Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan

Fariza, Nando (2017) Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan harus mampu bersaing dan mengoptimalkan kinerja secara profesional untuk mencapai keuntungan maksimal. Kegiatan pemasaran merupakan usaha langsung untuk mencapai, memberikan informasi dan membujuk konsumen untuk membeli dan menggunakan produknya. Kegiatan promosi bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Beberapa masyarakat kurang mengetahui keunggulan-keunggulan yang dimiliki produk Yamaha, kurang mengetahui jenis-jenis produk Yamaha, kurang mengetahui konsep harga dari produk Yamaha. Dilihat dari parkiran, ternyata produk Yamaha masih jarang peminatnya di Kota Padangsidimpuan. Keadaan ini, yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian dengan bertujuan untuk mengetahui apakah promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang pemasaran terkait dengan promosi dan keputusan pembelian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang perilaku konsumen, model proses pembelian oleh konsumen, keputusan pembelian, pemasaran, manajemen pemasaran, bauran pemasaran (promosi, produk, harga dan distribusi). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan angket serta melalui wawancara terhadap individu yang informasinya diperlukan untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 21. Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) dapat diketahui bahwa 28,6% variabel promosi mampu mempengaruhi keputusan pembelian dan 71,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan yaitu promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Padangsidimpuan dengan nilai > (5,221 > 1,667).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Hamni Fadlilah Nasution
Keywords: Promosi; keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:57
Last Modified: 28 Sep 2020 04:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item