Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan antara kecerdasan visual spasial anak dengan hasil belajar bangun ruang dimensi tiga di SMP negeri 2 Padangsidimpuan

Harahap, Zuinanta Rezky Dayani (2012) Hubungan antara kecerdasan visual spasial anak dengan hasil belajar bangun ruang dimensi tiga di SMP negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073300126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan berdasarkan adanya keluhan dari para siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi bangun ruang dimensi tiga. Kesulitan tersebut terjadi ketika siswa mengolah konsep-konsep abshak, baik keruangan dan angka yang ada dalam materi bangun ruang dimensi tiga. Siswa merasa kesulitan untuk membawa konsep tersebut ke dalam visualisasi mereka" sehingga sering terjadi verbalisasi dalam memahami bangun ruang dimensi tiga. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar bangun ruang dimensi tiga di SMp Negeri 2 Padangsidimpuan. Untuk melihat tingkat kecerdasan visual spasial anak dan hasil belajar bangun ruang dimensi tiga digunakan analisa deskriptif sedangkan untuk melihat hubungan di antara keduanya digunakan teknik korelasi product moment. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 36 siswa dari populasi sebanyak 297 siswa atau berkisar 12 o/o dalj, 9 kelas yang tersedia. selanjutnya, instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar bangun rurmg dimensi tiga 9i l.i\dP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah o'kuat" dengan angka korelasi r', lebih besar dari qu6"1 yaitu 0,604 > 0,361.untuk r: 0,604 memiliki koefisien determinasi sebesar 0,365 yang artinya adalah variabel y sebesar 36,50lo ditentukan oleh variabel X dan 63,5yo ditentukan oleh faklor lain. Sedangkan untuk menguji seberapa besar sumbangan atau konlribusi hubungan variabel X terhadap variabel Y, maka dilahkan analisis regresi linear sederhana, dan persamaan rcgresi linear dalam penelitian ini adalah t = 4 + 0,521 X. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa adanya hubungan antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar bangun ruaig dimensi tiga di sMPNegeri 2 Padangsidimpuan dapat dibuktikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Replita M.Si dan Almira Amir M.Si
Keywords: Kecerdasan Visual., Bangun Ruang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:30
Last Modified: 28 Sep 2020 09:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item