Hutasuhut, Saima (2012) Pengaruh penggunaan metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar matematika siswa SMK Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
073300076 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (17MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul "Pengaruh Penggunaan Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri I Angkola Barat" Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri I Angkola Barat. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengekhui apakah terdapat pengaruh positif yang signifrkan antara penggunaan metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri I Angkola Barat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi Kausalitas (Pengaruh), Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri I Angkola Barat kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 459 siswa. Namun kelas IX tidak diikut sertakan sebagai sampel penelitian disebabkan kelas IX ingin menghadapi Ujian Nasional. Sampel penelitian ini berjumlah 88 siswa. Teknik Sampel yang digunakan yaitu Ciuster Sampling. UnJuk mcngumpulkan dqla yang digunak4n a4alah aqgket. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product mament, uji signifikan dan dilanjutkan persamaan regresi linier sederhana, Hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengguffuul metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar matematika SMP Negeri 1 Angkoia Barat diterima. Dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 88 siswa padataraf signifikan 5% ditemuklrl 113661 sebesar 0,213 dan taraf signifikan 1% ditemukan rh6s1 0,278 . Maka r*, 0,479 > daxi rt*oet 0,213 diterima, dengan koefisien korelasi product moment 0,479. dari persamaan regresi linier sederharta diperoleh Y : 37,823 + 0,463X serta dilakukan uji signifikan yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai f1r;1,ng : 25,609, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai fiauer untuk intprval kepercayaan 5olo sebesar 3,86 dan untuk interval kepercayaan ioA sebesar 6,96. Artinya terdapat pengaruh positif yang signifikqn 1 tara Penggunaan Metod_e. t(erja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri I Angkola Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Asnah M.A dan Suparni S.Si.,M.Pd |
Keywords: | Metode Kerja Kelompok.,Matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 06:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 06:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5334 |
Actions (login required)
View Item |