Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui di kelas III SDN 100010 Sababalik

Harahap, Nurlan (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui di kelas III SDN 100010 Sababalik. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073300066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang ditemukan kesulitan dalam mempelajari matematika pada pokok bahasan bangun datar, semetode drill pada pokok bahasan bangun datar perti dalam menyelesaikan soal. Rumusan masalahnya apakah pembelajaran melalui metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas III SDN 100010 Sababalik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui metode drill pada pokok bahasan bangun datar di kelas III SDN 100010 Sababalik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dengan 2 siklus dan empat tahap. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan observasi yaitu mengadakan pengamatan langsung kelapangan yaitu di SD N 100010 Sababalik, yang kedua tes yaitu untuk melihat keberhasilan belajar maupun ketidak berhasilan belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Setelah data dari objek penelitian terkumpul maka penulis menganalisis data tersebut. Untuk melihat jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa dan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar meningkat dengan melalui metode drill, ini dapat dilihat dari sebelum siklus dan setelah siklus, sebelum siklus nilai ratarata siswa 50,0 dengan jumlah persentase siswa yang tuntas belajar 6 orang atau 26,08%, dan setelah masuk pada siklus yaitu siklus I meningkat yaitu nilai ratarata siswa 55,21 dengan jumlah persentase siswa yang tuntas belajar 9 orang atau 39,13%, pada pertemuan pertama, pertemuan kedua nilai rata-rata siswa 62,17,dengan jumlah persentase siswa 14 orang atau 60,86%, kemudian pada siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,13 dengan jumlah persentase siswa yang tuntas belajar 19 orang atau 82,60%, pada pertemuan kedua nilai rata-rata siswa 76,95 dengan jumlah persentase siswa yang tuntas balajar 22 orang atau 95,65%, sudah jauh meningkat dibandingkan siklus I. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami pokok bahasan bangun datar dengan melalui metode drill adalah memuaskan, dan penelitian ini dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj.Zulhimma S.Ag, M.Pd dan Almira Amir M.Si
Keywords: Metode Drill Pada Pokok Bahasan Bangun Datar.,Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:30
Last Modified: 28 Sep 2020 06:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item