Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa kelas ix materi bangun ruang di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Pane, Nur Jannah (2012) Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa kelas ix materi bangun ruang di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073300025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minat belajar siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan kelas IX kurang khususnya pelajaran matematika itu sendiri yang ditandai dengan masih terdapat beberapa siswa yang memiliki nilai rendah atau tidak memenuhi standar nilai yang telah ditentukan sekolah tersebut. Dari hal itu salah satunya yang menjadi faktornya yaitu kurangnya penggunaan media belajar berupa alat peraga. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa kelas IX materi bangun ruang di SMP Negeri 5 Padangsidimpual Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berupa penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 20ll-2012 sebanyak 261 siswa. Cara pengambilan sampelnya secara cluster sampling yang dimana diambil 15% dar' populasi, maka diperoleh sampel sebanyak 39 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah Angket , sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan nrmus korelasi product moment dilanjutkan dengan nrmus regresi sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penggunam alat peraga mempunyai pengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IX materi bangun ruang di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, yaitu ditemukan angka korelasi (r,, ) sebesar 0,695 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai r tabel :0,316 . Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai t hitung: 5,887 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai t tabel : 1,668 untuk interval kepercayaan 57o dengan dk = n-2 : 37. Dengan koefisien determinan yang diperoleh sebesar 483Ayo dan sisanya yaitu sl,7Ayo ditentukan oleh variabel lain. Persamaan regresinya yaitu Y:14,37+0,696X. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penggun&m alat peraga mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat belajar siswa. Dari persam&m regresi di atas dapat dilihat bahwa minat belajar siswa akan meningkat seiring dengan penggunrum alat perag4 artinya jika variabel penggunaan alat peraga meningkat satu point lebih baik, maka nilai minat belajar siswa akan meningkat menjadi 0,696.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi M.Ag M.Pd dan Suparno S.Pd, M.Sc
Keywords: Materi Bangun Ruang., Alat Peraga
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:31
Last Modified: 28 Sep 2020 06:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item View Item