Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas VII Di MTs Pondok Pesantren Purba Ganal Sosopan Padang Bolak.

Siregar, Azrul Komaria (2012) Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas VII Di MTs Pondok Pesantren Purba Ganal Sosopan Padang Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073300046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu bahwa hasil belajar siswa dalam bidang studi matematika masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan cara mengajar yang selama ini diterapkan oleh guru bidang studi masing-masing, khususnya pada bidang studi Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas VII di MTs pondok pesantren purba ganal sosopan padang bolak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri yang terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian data yang digunakan adalah pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh thitung = 5,185 dan ttabel = 2,00 (5,185 > 2,00). Jadi Ha diterima yaitu rata-rata skor hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan rata-rata skor hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan yang tidak menggunakan pendekatan kontekstual. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas vii di mts pondok pesantren purba ganal sosopan padang bolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj.Tatta Heratrrati Daulae M.A dan Almira Amir M.Si
Keywords: Pendekatan Kontekstual., Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:35
Last Modified: 30 Sep 2020 02:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item