Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs N Sibuhuan

Nasution, Desy Khairani (2016) Pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs N Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang memilih diam dalam proses pembelajaran karena pemahaman siswa terhadap pokok bahasan himpunan sangatlah kurang. Ketika diberikan soal-soal latihan siswa kesulitan menjawabnya Hal ini mengakibatkan siswa tidak dapat mencapai nilai ketuntasan untuk pelajaran matematika. Dengan demikian peneliti meyakini bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VIII MTs N Sibuhuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs N Sibuhuan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 8 kelas yaitu 353 siswa. Tekhnik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang berjumlah 85 siswa yaitu kelas VII2 dan kelas VII3. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu peneliti menganalisis nilai rata-rata kedua kelas. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,93 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 81,17. Dari rata-rata kedua kelas terlihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka peneliti melakukan uji-t. Hasil analisis data adalah thitung > ttabel yaitu 3,77 > 1,99 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs N Sibuhuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asnah,M.A dan Mariam Nasution,M.Pd
Keywords: Talking stick, Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Oct 2020 14:22
Last Modified: 07 Oct 2020 14:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5314

Actions (login required)

View Item View Item