Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga

Sigalingging, Raudatul Husna (2017) Implementasi pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses dimana terdapat dua aktivitas sekaligus yakni belajar dan mengajar. Ada beberapa hambatan yang dirasakan oleh guru dalam mengintegrasikan materi pelajaran dengan mata pelajaran yang lain serta aplikasi di kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pelajaran dengan dunia nyata siswa serta mendorong dan mengayomi siswa untuk menemukan hubungan antara materi yang sedang dipelajari dengan aplikasi yang ada dikehidupan sehari-hari. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga, bagaimana strategi pembelajaran kontekstual pada materi limit di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga, bagaimana peranan guru dalam menggunakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kesulitan penguasaan materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga, untuk mengetahui strategi pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga, untuk mengetahui peranan guru dalam menggunakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan penguasaan materi limit di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis melakukan penelitian di Madrasah Aliyah Swasta Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dilakukan dengan teknik purposive sampling yang mana pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dengan beberapa pertimbangan, subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IA yang berjumlah 26 siswa. Selanjutnya akan dilakukan observasi di lokasi penelitian serta mewawancarai sumber data yang telah ditentukan. Dari observasi dan wawancara yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa secara umum komponen kontekstual yakni kontruktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian yang sebenarnya dapat berjalan vii dengan lancar. Adapun strategi pembelajaran kontekstual adalah guru mengucap salam, memberikan apersepsi, menjelaskan proses pembelajaran, membagi siswa kedalam beberapa kelompok, memberikan permasalahan, memanfaatkan lingkungan untuk memperoleh pengalaman belajar, aktivitas kelompok, aktivitas individu, bekerjasama, presentase hasil diskusi kelompok dan penilaian. Peranan guru dalam menggunakan pembelajaran kontekstual adalah guru sebagai fasilitator, pengontrol, motivator, pembimbing, moderator, pelerai dan pengamat kegiatan siswa dan faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan penguasaan materi limit adalah siswa absen, materi sulit, siswa kurang paham, waktu pengamatan yang tidak efektif, siswa tidak memperhatikan pengamatan, guru tidak sabar, siswa tidak aktif dan jam pelajaran yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asmadawti,M.A dan Dr.Lelya Hilda,M.Si
Keywords: Pembelajaran kontekstual, Materi limit
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 12 Oct 2020 09:13
Last Modified: 12 Oct 2020 09:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item View Item