Yati, Seri (2013) Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi dimensi tiga kelas X MAN Kase Rao-Rao. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika banyak terdapat materi yang rumit dan sering menimbulkan permasalahan tersendiri bagi siswa sehingga muncul kejenuhan dan kesan takut pada matematika, bahkan sering kurang berminat belajar matematika. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran matematika dan berimbas kepada hasil siswa yaitu kemampuan seseorang yang telah dicapainya dalam belajar yang tercermin dalam bidang kognitif, sensorik motorik, hasil belajar yang dicapai seseorang tersebut tercermin melalui prestasi belajarnya. Prinsip untuk memilih pendekatan pembelajaran ialah belajar melalui proses mengalami secara langsung untuk memperoleh hasil belajar yang bermakna. Penerapan pendekatan dalam proses belajar mengajar diarahkan untuk mengembangkan kemampuankemampuan dasar dalam diri siswa supaya mampu menemukan dan mengelola perolehannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan keterampilan proses dengan hasil belajar matematika pokok bahasan dimensi tiga kelas X MAN Kase Rao – Rao Kecamatan Batang Natal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pretest – postest control group. Dalam penelitian ini yang menggunakan populasi adalah seluruh siswa kelas X MAN Kase Rao-Rao yang berjumlah 92 siswa . sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok sejumlah 63 siswa yang terdiri dari dua kelas. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan post-test (setelah diberika perlakuan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh t.hitunng = 3,45 > t.tabel = 1,67. Oleh karena itu dapat, diambil kesimpulan bahwa “ ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan keterampila proses terhadap hasil belajar matematika pada materi dimensi tiga kelas X MAN Kase Rao- Rao ”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zulhammi,M.Ag,M.Pd dan Mariam Nasution,M.Pd |
Keywords: | Keterampilan, Hasil belajar, Materi dimensi tiga |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 09:34 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 09:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5309 |
Actions (login required)
View Item |