Hasibuan, Dahriani (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk di UD. Salacca Desa Aek Nabara Parsalakan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
UD. Salacca merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman. Produk yang ditawarkan perusahaan terlalu mahal sehingga konsumen kurang tertarik untuk mengkonsumsi produk dari UD. Salacca. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah harga dan kualitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk di UD. Salacca?” Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk di UD. Salacca. Pembahasan penelitian berkaitan dengan harga, kualitas produk, dan keputusan konsumen yang di dukung oleh teori-teori yang berkaitan dengan harga, kualitas produk dan keputusan konsumen. Harga (price) adalah jumlah uang yang dibebankan atau dikenakan atas sebuah produk atau jasa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (harga (X1) dan kualitas produk (X2), dan variabel terikat (keputusan konsumen (Y)). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 responden diambil dari konsumen UD. Salacca sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 22. 2 Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R ) sebesar 0.815 artinya persentasi sumbangan keputusan konsumen dalam membeli produk adalah sebesar 81,5 %, sedangkan sisanya sebesar 18,5 % dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan Nilai thitung (t0) sebesar – 3,904 sedangkan ttabel sebesar 2,052 (df=n-). Untuk koefisien regresi harga thitung lebih besar dari ttabel (– 3,904> 2,052), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap keputusan konsumen, sedangkan untuk kualitas produk thitung sebesar 9,297. Artinya thitung > ttabel (9,297> 2,052) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk. Dan secara simultan harga dan kualitas produk sebesar 59,428 sedangkan Ftabel bernilai 2,960. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Fhitung > Ftabel (59,428 > 2,960), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara harga, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Delima Sari Lubis, MA |
Keywords: | Harga; Kualitas Produk; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 07:09 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 07:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5298 |
Actions (login required)
View Item |