Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan

Lubis, Fitri Hamsani (2017) Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis, karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran harus memberikan kesan yang baik dimata konsumen, dimana perusahaan memberikan pelayanan serta produk berupa barang dan jasa yang terbaik dan memiliki lokasi yang strategis sehingga memberikan kepuasan kepada konsumen. Konsumen tentunya ingin mendapatkan produk dan jasa untuk memberikan kepuasan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan. Dan tujuannya untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan. Di dukung dengan teori-teori yang berkaitan dengan bidang illmu ekonomi tentang manajemen pemasaran, yaitu lokasi, pelayanan dan keputusan pembelian serta penjelasan pelayanan dan keputusan pembelian dalam persfektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala likert, dalam hal ini angket di berikan pada responden konsumen Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan, kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi 22,0. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasi adalah thitung = -0,617 dan ttabel 1,985. Maka diperoleh thitung < ttabel atau -0,617 < 1,985. Maka tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel pelayanan thitung= 3,986 dan ttabel =1,985. Jadi thitung > ttabel atau 3,986 > 1,985. Maka memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan R2 sebesar 0,159, pengaruh variabel lokasi dan pelayanan memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 19,5%. Sedangkan sisanya sebesar 84,1% disumbangkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ikhwanuddin Harahap dan Delima Sari Lubis
Keywords: Pengaruh; lokasi dan pelayanan; keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2020 07:47
Last Modified: 25 Sep 2020 07:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item View Item