Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam novel “Hapalan Shalat Delisa” Karya Tere Liye

Afriani, Wilda (2013) Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam novel “Hapalan Shalat Delisa” Karya Tere Liye. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Novel “Hapalan Shalat Delisa” merupakan salah satu novel yang layak untuk dibaca oleh semua kalangan dan usia, mulai dari anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Sebab novel ini sangat sederhana, bahasa yang dikemas mudah dicerna dan mudah diimajinasikan dan banyak mengandung nilai-nilai pendidikan dan pesan-pesan yang bermanfaat sehingga novel ini dapat dijadikan salah satu bahan referensi dalam pembelajaran. Novel ini mengajarkan kepada para pembacanya untuk senantiasa tulus dan ikhlas dalam melaksanakan segala hal, mengajarkan makna kesabaran dalam menerima segala cobaan dan ujian yang dihadapi. Mengajarkan tentang pentingnya shalat fardhu dan ibadah-ibadah yang lain dengan khusyuk dan ikhlas, dan mengajarkan untuk mengerti dan paham akan bacaan shalat. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Hapalan Shalat Delisa” karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Hapalan Shalat Delisa” karya Tere Liye. Dalam pnelitian ini juga digunakan beberapa kajian teori yeng relevan dengan pembahasan, antara lain mengenai pengertian nilai dan klasifikasinya, pengertian pendidikan Islam dan tujuan pendidikan Islam, materi pendidikan agama Islam, pengertian Novel, unsur unsur novel dan jenis-jenis novel serta juga deskripsi Tere Liye. Dalam mengkaji dan menelaah permasalahan di atas, penelitian ini termasuk penelitian perpustakaan yakni penelitian yang dilakukan diperpustakaan dengan menggunakan pendekatan semiotik yaitu pendekatan yang digunakan untuk membaca karya sastra melalui tanda (kode) yang secara potensial diberikan dalam suatu komunikasi karena media sastra adalah bahasa dan bahasa adalah sistem tanda. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan membaca, menelaah isi, mengkelompokkan dan dianalisis dengan menggunakan telaah kepustakaan. Kemudian metode analisis datanya dilakukan dengan content analysis (analisis isi). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dalam novel tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang sesuai dengan pokok-pokok ajaran Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam itu antara lain nilai pendidikan akidah (keimanan) berupa nilai pendidikan keimanan kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada rasul, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada qadha dan qadhar Allah. Kemudian nilai pendidikan Syari’ah (Ibadah) yakni tentang perintah melaksanakan ibadah shalat, perintah beramal dengan tulus ikhlas dan tentang berdoa kepada Allah. Selanjutnya adalah nilai pendidikan Islam yang berhubungan dengan akhlak baik akhlak kepada Allah berupa senantiasa bersyukur, selalu sabar, dan bertaubat, maupun nilai pendidikan akhlak yang berhubungan dengan manusia berupa selalu menepati janji, bersifat kasih sayang dan lemah lembut serta bersifat adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Irwan Shaleh Dalimunthe M.A dan Nursyaidah M.Pd
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam; Novel
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:40
Last Modified: 25 Sep 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View Item View Item