Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan islam dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata

Prayani, Agustini (2013) Nilai-nilai pendidikan islam dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendidik harus yang mengandung nilai didik, termasuk dalam pemilihan media. Salah satu media pendidikan Islam berupa benda adalah novel. novel Sang Pemimpi banyak mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil hikmahnya dan sesuai dengan keadaan masyarakat, khususnya masyarakat yang merasa mengalami pendidikan yang sama seperti beberapa tokoh yang terdapat dalam novel tersebut. Selain daripada itu, si pengarang juga menyampaikan pesan moral serta kritikan terhadap dunia pendidikan bahwa keadaan ekonomi bukanlah menjadi hambatan seseorang dalam meraih cita-cita. Novel Sang Pemimpi sangat menarik dan layak dibaca oleh segala usia, karena novel ini dikemas dengan bahasa yang sederhana, mudah dicerna dan mudah diresapi maknanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui struktur penceritaan dalam novel Sang Pemimpi dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pemimpi. Dalam mengkaji dan menelaah permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan hermeneutik. Apabila dilihat dari tempatnya, jenis penelitian ini adalah penelitian perpustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Bentuk penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau content analysis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (novel Sang Pemimpi) dan sumber data sekunder (buku-buku yang relevan). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa struktur penceritaan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata menjelaskan tentang perjuangan Ikal, Arai, dan Jimbron dalam mencapai mimpi-mimpi untuk menjelajah Eropa sampai Afrika dan bisa bersekolah di Sorbonne, Prancis. Kemudian menyajikan struktur bacaan yang baik untuk dibaca oleh kalangan manapun yang pada akhirnya dapat memberikan pelajaran bagi pembaca bahwa kemiskinan, kepahitan hidup dan berbagai hambatan yang membelit cita-cita seseorang bukanlah alasan untuk berhenti bermimpi. Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata juga mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang terdiri atas: akidah atau keimanan, syari’at, akhlak, dan moral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Muhammad Darwis Dasopang M.Ag dan Nursyaidah M.Pd
Keywords: Pendidikan agama Islam; Novel
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:40
Last Modified: 25 Sep 2020 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item