Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa

Hasibuan, Elmida (2013) Pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar matematika siswa sehingga menimbulkan hasil belajarnya rendah. Hal ini diakibatkan karena cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan pelajarannya. Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa salah satunya cara yang dipakai dengan menggunakan keterampilan mengadakan variasi mengajar. Sehingga penulis termotivasi untuk melakukan penelitian yang berjudul “pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu angket.Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara keterampilan mengadakan variasi mengajar dan minat belajar matematika siswa digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumuskorelasi produc moment. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa dilakukan dengan menggunakan persamaaan regresi, dan untuk melihat seberapa besar kontribusi keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika dihitung dengan koefisien determinasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh rhitung sebesar 0, 497, dicari interpretasi dengan menggunakan tabel nilai “r” : df = N – nr = 41 – 2 = 39, dengan memeriksa Tabel Nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 39, pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel sebesar 0, 316. Ternyata rhitung > rtabel (0, 497 > 0,316). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika dihitung dengan uji signifikan analisis regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 27,38 > 4,09 dengan persamaan regresi Y = 5,31+0,78X. Konstribusi keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa dengan determinasi sebesar 99,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni dan Nursyaidah
Keywords: Variasi mengajar; minat belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:29
Last Modified: 24 Sep 2020 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item