Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam (PAI) Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Kabupatean Mandailing Natal.

Lubis, Mardiah (2013) Pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam (PAI) Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Kabupatean Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (909kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar PAI siswa sehingga menimbulkan motivasi belajarnya rendah.Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa salah satu cara yang dipakai ialah dengan menggunakan keterampilan menjelaskan pelajaran. Sehingga penulis termotivasi untuk melakukan penelitian yang berjudul “pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negri 1 Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran, mengetahui motivasi belajar PAI siswa dan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII Di SMP Negri 1 Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu angket. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dengan motivasi belajar PAI siswa digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi produc moment. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar PAI siswa dilakukan dengan menggunakan persamaaan regresi, dan untuk melihat seberapa besar kontribusi keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar Pendidikan PAI siswa dihitung dengan koefisien determinasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh rhitung sebesar 0,497, dicari interpretasi dengan menggunakan tabel nilai “r” : df = N – nr = 41 – 2 = 39, dengan memeriksa Tabel Nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 39, pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel sebesar 0,316. Ternyata rhitung> rtabel (0, 497 > 0,316). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailig Natal. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dengan motivasi belajar PAI dihitung dengan uji signifikan analisis regresi diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 27,38 > 4,09 dengan persamaan regresi Y = 5,31+0,78X. Konstribusi keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dengan motivasi belajar PAI siswa dengan determinasi sebesar 24,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis M.Ag dan Hj. Zulhimma S.Ag., M.Pd
Keywords: Keterampilan Guru Dan Motivasi Belajar., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:48
Last Modified: 24 Sep 2020 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item