Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika melalui keterampilan mengelola diskusi kelompok kecil pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 2 Simangumban

Sianturi, Amri (2013) Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika melalui keterampilan mengelola diskusi kelompok kecil pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 2 Simangumban. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar matematika siswa sehingga pada saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang pasif, takut bertanya pada materi yang kurang dipahami, seolah-olah siswa takut salah dan dimarahi oleh guru. Hal ini disebabkan kurangnya pemilihan keterampilan pembelajaran yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa salah satunya cara yang dipakai dengan penerapan keterampilan mengelola diskusi kelompok kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Keterampilan Mengelola Diskusi Kelompok Kecil Pada Pokok Bahasan Fungsi di Kelas VIII SMP NegeriMuaratolang yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan / tindakan, pengamatan / observasi, dan repleksi. Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan pembahasan dan penelitian maka diperoleh hasil: terjadi peningkatan pada indikator motivasi dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Peningkatan terjadi pada motivasi perhatian yaitu 52,6 % ke 65,7 %, indikator siswa yang ulet dari 26,3 % ke 31,5 %, indikator motivasi siswa tekun yaitu 23,6 % ke 26,3 %, indikator siswa berminatyaitu daril 39,4 % ke 44,7 %, dan keberanian siswa dari 34,2 % ke 34,2 %. Selanjutnya pertemuan tiga ke pertemuan empat, yaitu terjadi peningkatan indikator perhatian siswa yaitu71 % ke 73,6 %, indikator keuletan siswa 42,1 % ke 44,7 %, indikator ketekunan siswa 34,2 % ke 44,7 %, indikator motivasi siswa berminat dari 31,5 % ke 39,4 %, indikator keberanian siswa42,1 % ke 47,3 %. Selanjutnya pada pertemuan lima ke keenam terjadi pula peningkatan indikator motivasi yaitu motivasi perhatian siswa dari 79,8 % ke 84,3 %, motivasi siswa yang ulet 52,6 % 68,4 %, motivasi siswa yang tekun yaitu44,7 % ke 60,5 %, motivasi siswa yang tergolong berminat52,6 % ke 57,8%, dan motivasi keberanian siswa yaitu55,2 % ke 65,7%...

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Motivasi belajar matematika; Diskusi kelompok kecil; Fungsi
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:14
Last Modified: 24 Sep 2020 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item