Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Urgensi iklim komunikasi edukatif antara guru PAI dan siswa pada SMP Negeri 1 Muarasipongi

Hidayati, Yulvia (2012) Urgensi iklim komunikasi edukatif antara guru PAI dan siswa pada SMP Negeri 1 Muarasipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073100112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana gambaran keadaan iklim komunikasi edukatif di SMP Negeri 1 Muarasipongi upaya-upaya guru PAI edalam meningkatkan iklim komunikasi edukatif di SMP Negeri 1 Muarasipongi, Hambatan-hambatan yang dihadapi guru PAI dan siswa dalam meningkatkan iklim komunikasi edukatif serta hasil iklim komunikasi edukasi antara guru PAI dan siswa di SMP Negeri 1 Muarasipongi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keadaan iklim komunikasi edukatif di SMP Negeri 1 Muarasipongi , untuk mengetahui upaya-upaya guru PAI dalam meningkatkan iklim komunikasi edukatif di SMP Negeri 1 Muarasipongi, untuk mengentahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru PAI dan siswa dalam meningkatkan iklim komunikasi edukatif serta untuk mengetahui iklim komunikasi edukatif antara guru PAI dan siswa di SMP Negeri 1 Muarasipongi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), oleh karena itu data penelitian ini sepenuhnya dikumpulkan melalui data yang ada di lapangan, sedangkan metode penelitian ini didekati dengna metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan sesuai dengan fenomena-fenomena yang ada dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data primer. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim komunikasi edukatif antara guru PAI dan siswa tidak lancer disebabkan beberapa kendala yang dihadapi baik itu guru PAI maupun siswa. Kurangnya pemahaman guru tentang komunikasi edukatif itu sendiri dan kurangnya memahami karakter masing-masing siswa menjadi kendala dalam berkomunikasi dengan siswa. Begitu juga siswa tidak dekat dengan guru PAI dan kurang berani dalam mengutarakan permasalahannya sehingga proses pembelajaran terhambat karena tidak memahami materi yang disampaikan guru PAI. Dari permasalahan tersebut maka tidak nyaman dalam belajar, siswa tidak menghormati guru PAI dan hasil belajar tidak memuaskan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Agus Salim Lubis M.Ag dan Juni Wati Sri Rizki S.Sos, M.A
Keywords: Pendidikan Agama Islam., Komunikasi Edukatif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:16
Last Modified: 24 Sep 2020 02:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5249

Actions (login required)

View Item View Item