Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Hasibuan, Alfansyuri (2013) Hubungan kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kedisiplinan siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, bagaimana motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, serta apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan serta, untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data melalui angket. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mencari korelasi antara variabel yang diteliti digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kedisiplinan siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan berada pada kategori sangat baik dengan ratarata 85,72. Motivasi belajar matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 84,5. Dengan demikian dapat disimpulkan rxy 0.607 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0.329) dan rtabel pada taraf signifikan 1% (0.424), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan motivasi belajar matematika dan thitung (4,478) lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 5% (1,697) dan ttabel pada taraf signifikan 1%(2.457), maka hipotesis diterima artinya ada hubungan yang signifikan signifikan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Kedisiplinan siswa; Motivasi belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:03
Last Modified: 24 Sep 2020 02:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item