Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan

Nurhayati, Nurhayati (2013) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu bahwa hasil belajar siswa dalam bidang studi matematika masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan cara mengajar yang selama ini diterapkan oleh guru bidang studi masing-masing, khususnya pada bidang studi Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian data yang digunakan adalah pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh thiting = 4,018 dan ttabel = 1,67. Oleh karena thitung > ttabel (4,018 > 1,67) jadi Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas viii smp negeri 5 panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Almira Amir
Keywords: numbered head together; hasil belajar matematika; pokok bahasan lingkaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:38
Last Modified: 24 Sep 2020 01:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item