Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan teori pembelajaran mills gagne terhadap hasil belajar pada pokok bahasan aljabar di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Bolak tahun pelajaran 2012-2013

Nasution, Nur Hafni (2013) Pengaruh penerapan teori pembelajaran mills gagne terhadap hasil belajar pada pokok bahasan aljabar di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Bolak tahun pelajaran 2012-2013. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh penerapan teori pembelajaran Mills Gagne terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aljabar di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Bolak Tahun Pelajaran 2012-2013. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teori pembelajaran Mills Gagne terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasanAljabar di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Bolak T ahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model (Clasical Experimental Design) satu kelompok eksperimen satu kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 183 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sample atau sampel kelompok. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dengan jumlah 40 siswa (kelas eksperimen) dan VIII-B dengan jumlah 40 siswa (kelas kontrol) uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Instrument pengumpul data yang digunakan adalah tes.Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan statistik uji beda (uji-t). Pengujian uji –t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata thitung = 2,87>ttabel 1,99. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen adalah 74,13 dan kelas kontrol adalah 66,4. Maka hipotesis ada yang berbunyi terdapat pengaruh penerapan teori pembelajaran Mills Gagne terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aljabar di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Bolak Tahun Pelajaran 2012-2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Samsuddin
Keywords: teori pembelajaran mills gagne; pokok bahasan aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:32
Last Modified: 24 Sep 2020 08:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item