Hasibuan, Jariyah (2013) Pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi pecahan bentuk al-jabar di SMP Negeri 2 Sihepeng. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini masalahnya adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sihepeng masih kurang maksimal, karena di sekolah tersebut guru masih menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, dimana dalam proses pembelajaran tersebut siswa hanya menerima informasi yang diberikan guru saja dan berpusat pada guru. Sehingga masih banyak siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran, dan ada juga siswa yang hanya mendengarkan penjelasan guru, mencontoh dan mengerjakan latihan mengikuti pola yang diberikan guru, bukan dikarenakan siswa memahami konsepnya. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi pecahan bentuk al-jabar di SMP Negeri 2 Sihepeng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest-postest classical experimental design (satu kelompok eksperimen dan satu kelompok pembanding). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 152 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan cara cluster sample atau sampel kelompok yaitu kelas VIII4 dengan jumlah 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 dengan jumlah 32 orang siswa sebagai kelas control. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes yaitu pretest (sebelum diberi perlakuan dan posttest (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus Chi-kuadrat, uji kesamaan variansi, dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung.= 0,06 < ttabel = 1,67. Jadi Ha diterima yaitu rata-rata hasil belajar pada pokok bahasan operasi pecahan bentuk al-jabar yang menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan metode penemuan terbimbing. Sehinggga disimpulkan, ada pengaruh yang signifikan antara metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi pecahan bentuk al-jabar di SMP Negeri 2 Sihepeng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sahadir Nasution dan Suparni |
Keywords: | metode penemuan terbimbing; operasi pecahan bentuk al-jabar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 01:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 01:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5241 |
Actions (login required)
View Item |