Harahap, Anwar Shadat (2012) Penggunaan sumber belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
063100928.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini adalah suatu kajian tentang upaya yang dilakukan guru-guru Pendidikan agama Islam dalam menggunakan sumber belajar di SMPNegeri 8 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber belajar Pendidikan Agama Islam, pemanfaatan sumber belajar yang dilaksanakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan sumber belajar yang dilaksanakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan dan upaya menanggulanginya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Informan penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, guru-guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang beragama Islam. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilaksanakan secara induktif, yaitu pengambilan kesimpulan mulai dari pertanyaan fakta-fakta khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Dari pembahasan yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa jenis-jenis sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah manusia (guru dan teman sebaya), bahan (buku paket, gambar, peta, potongan-potongan ayat dan Hadis yang ditempelkan di papan tulis, dan sebagainya), lingkungan (alam sekitar dan lingkungan sosial), alat dan peralatan (CD pembelajaran, tape recorder, laptop, LCD, infokus, dan sebagainya), aktivitas berupa kombinasi antara teknik penyajian bahan dengan buku, simulasi dan karya wisata, pesan, dan teknik. Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan adalah sumber belajar yang berupa manusia guru dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pelajaran, bahan (buku paket, gambar, peta, potongan-potongan ayat dan Hadis), lingkungan (alam sekitar dan lingkungan sosial) dimanfaatkan sebagai materi ajar dan memperjelas materi yang disampaikan, alat dan peralatan (CD pembelajaran, tape recorder, laptop, LCD, infokus, dan sebagainya). Kendala yang dihadapi dalam penggunaan sumber belajarp ada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan adalah keterbatasan sumber belajar yang tersedia, dan keterbatasan waktu. Untuk menanggulanginya guru-guru berusaha memanfaatkan sumber belajar yang ada secara maksimal, mencari sumber belajar melalui internet dan guru dari sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Nasruddin Hasibuan M.pd dan Muhlison M.Ag |
Keywords: | Pendidikan Agama Islam., Sumber Belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 01:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 01:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5240 |
Actions (login required)
View Item |